Jumat, 14 Maret 2008

Perawatan Ibu Hamil dan Menyusui

MENGANCANGKAN PERUT SEHABIS MELAHIRKAN

Mengencangkan perut sehabis melahirkan dapat menggunakan ramuan tradisional sebagai berikut : sediakan 1 sendok teh merica putih, 1/2 sdt garam dan satu ruas jahe, semua bahan tersebut dihaluskan, kecuali jahenya diparut diambil airnya, kemudian semuanya dicampur dan diberi 1/2 gelas air masak. Embunkanlah ramuan ini satu malam, esoknya diminum, lakukan paling sedikit seminggu 2 kali secara teratur.

Kiriman : Kabariyanti D.R. Jl. Surilang SMP 126 Kj. Kel. Kmp.Gedong, Ps. Rebo, Jakarta Timur
================

ASI TIDAK KELUAR
Beberapa hari setelah melahirkan biasanya ASI belum juga keluar, sehingga menimbulkan bengkak pada payudara dan sakitnya luar biasa. Untuk mengatasi ini, ambillah asam dan minyak kelapa lalu remas-remas kemudian balur pada bagian yang sakit sambil mengurutnya secara perlahan-lahan. Lakukan sebelum mandi sampai bengkak dan rasa sakitnya hilang.

Kiriman : Ny. Pipit S. , NTB
======================
KRAM PADA WANITA HAMIL
Umumnya ibu-ibu yang sedang hamil tua sering mengalami kram (kejang-kejang) pada kaki. Khususnya bila sedang tidur malam hari. Cara mengatasinya, jangan sekali-kali dipijat, tapi, segeralah bangun dan turun dari tempat tidur. Pakailah berjalan-jalan tanpa alas kaki. Niscaya kejang-kejang tadi akan segera sembuh.

Kiriman : Ny. Gunadi Muljodihardjo, Perhutani Sumberpucung, Malang, Jatim

=======================
ASI LANCAR DAN TETAP LANGSING
Seringkali para ibu yang menyusui anaknya punya problem menjadi gendut. Kalau nanti harus diet, asi-nya berkurang, akibatnya bayi tidak sehat. Untuk mengatasi ini, cobalah ramuan jamu segar yang manfaatnya sudah saya rasakan. Selama Anda menyusui bayi :
1 lembar daun pepaya muda, 4 ibu jari kunyit (carilah yang bentuknya bulat), asam kawak satu ruas jari kelingking.

campurlah bahan ini dan dihaluskan, setelah itu beri 1/2 gelas air hangat, kemudian diminum, paling sedikit 2 kali sehari berturut-turut.

Manfaatnya akan kita rasakan setelah 2 minggu, sebaiknya kita lakukan selama menyusui (paling tidak setiap satu bulan, dua minggunya kita minum jamu segar ini.)

Kiriman : Ny. Sri K. Nirwan, Jl. Sukakarya II/10, Kom. BPP Terusan Pasteur, Bandung
==========================

PAREM SEDERHANA
Bila anggota badan Anda terasa pegel dan linu, ambillah sekepal nasi dan garam dapur secukupnya, serta asam jawa. Campurkan bahan ini menjadi satu, lunakkan, kemudian oleskan atau lulurkan pada bagian tubuh yang terasa pegal. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Kesehatan Anda tentu akan pulih kembali. Resep ini juga berlaku bagi ibu-ibu yang menderita bengkak di kaki semasa hamil.

Kiriman : Yono, Madiun
=======================

MENGHENTIKAN KELUARNYA ASI
Bagi ibu yang sedang menyapih anaknya seringkali kebingungan karena air susunya terus mengalir. Untuk menghentikan keluarnya air susu ibu, gunakanlah bunga melati. Lumatkan segenggam bunga melati lalu tapalkan pada buah dada, maka air susu akan segera berhenti.
Kegunaan lainnya yaitu sebagai pengharum air teh. Masukkanlah bersama-sama dalam poci diseduh dengan air panas.

==========================

KHASIAT ASI
Kakak saya baru melahirkan 2 bulan yang lalu. Tiba-tiba anaknya yang pertama diserang penyakit mata merah dan terasa gatal-gatal. Kemudian menyusul anak yang kedua dan akhirnya berpindah pada anak yang ketiga yang masih bayi. Nenek saya memberi saran supaya mata mereka ditetesi dengan air susu ibu sehari empat kali. Kakak saya mencoba hanya dalam satu hari saja. Ternyata keesokkan harinya mata mereka sudah sembuh dan tidak merah lagi.

Kiriman : Yenny Bokings, Jl. Pucangan Vii/23, Surabaya
Vinosa said : Like father, like son

================================

PROBLEM ASI
Menyusui bayi sendiri adalah yang paling baik. Hanya saja bagi ibu muda hal ini sering mendapat gangguan kecil. Misalnya air susu yang tidak lancar atau puting susu lecet. Untuk mengatasinya cobalah pengalaman saya ini :

Memperbanyak makan daun pepaya muda atau buah pepaya muda, direbus untuk lalap atau dibuat sayur.

Bila puting lecet, ambilla 2 lembar daun sirih, olesi minyak kelapa dan pangganglah dengan api lilin, kalau sudah layu, tempelkan di puting dan kenakan BH. Jika ternyata masih perih ketika menyusui, ulangi lagi sampai sembuh.

Kiriman : Ny. Anita Sutoyo, Nyutran MG II/196 B Warsa Kusuma, Yogyakarta
=====================================

Tidak ada komentar: