Jumat, 14 Maret 2008

Obat Batuk

SELEDRI UNTUK OBAT BATUK
Seandainya anda belum sempat ke dokter dengan segera, anda bisa membuat pertolongan pertama untuk mengobati pilek dengan merebus daun seledri, ambillah kira-kira 3 tangkai daun seledri kemudian direbus dengan air 1 gelas hingga mendidih, berilah anak anda minuman rebusan itu 2 atau 3 kali sehari. mudah-mudahan akan menolongnya sebelum berkunjung ke dokter.
(Ny.Nurhadi-jakarta)
================

BATUK DAN LEHER GATAL GATAL
Batuk yang dimulai dengan rasa gatal-gatal di tenggorokan serta suara serak banyak dialami orang. Begitu juga saya, dulu saya sering mengalami penyakit ini. Sekarang saya tidak lagi mendapat penyakit ini karena telah menemukan obatnya yaitu : satu atau dua buah pisang ambon yang sudah matang dibelah dua dengan kulitnya. Memelahnya jangan sampai terlepas (membelah dua). Ke dalam pisang yang terbelah ni masukkan setengah sendok teh garam, lalu tutup kembali. Pisang yang diberi garam ini di panggang di atas arang atau kompor (jangan sampai berbau minyak. Kalau kulitnya sudah kuning, angkat. Makan panas-panas. Lakukan beberapa kali, insya Allah, batuk, tenggorokan gatal dan suara serak akan hilang.

Kiriman : Ny. Pudji Astuti, Jl. Kayumanis V-A Lama No.200 Rt08/04 Pisangan Baru, Jakarta
=====================

KHASIAT BUAH BELIMBING
Ternyata dari pohon belimbing wuluh (belimbing sayur) bukan hanya buahnya saja yang berguna sebaga asam untuk masakan. Bunganya yang berwarna merah kecil-kecil berkhasiat sebagai obat batuk. Hal ini telah dibuktikan oleh ibu saya dan keluarga kami setia dengan obat batuk dari bunga belimbing wuluh.
Caranya : ambil segenggam bunga belimbing wuluh dan beri air kira-kira setengah gelas, kemudian tambahkan gula batu secukupnya lalu masukkan ke dalam rantang dan dikukus atau boleh juga direbus hingga airnya tinggal setengahnya. Minum pagi atau sore hari, karena warnanya merah dan rasanya asam-asam manis biasanya anak-anakpun tidak susah bila diharuskan minum ramuan ini. Cukup satu kali sehari minum ramuan ini. Selamat mencoba.

Kiriman : Ny. Ratna Rahmat, Jakarta
===========================

KAHASIAT DAUN PARE
Anda kenal pohon pare yang buahnya pahit tetapi disukai banyak orang? Selain untuk dimasak, ternyata ada kegunaan lain, yaitu untuk obat batuk.

Kali ini kita mencoba daun pare yang dipakai untuk obat batu, apalagi yang agak parah dan sampai mengeluarkan darah. Membuat ramuannya sebagai berikut : 3 genggam daun pare (kira-kira 25 lembar) direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, biarkan sampai air itu menjadi setengah liter. Angkatlah dan saring dalam gelas. Beri sedikit gula batu, minumlah secara teratur, niscaya batuk Anda akan hilang.

Kiriman : Nasriyah, Gentasari Rt 21 Rk 03, Kec. Kroya, Cilacap Jawa Tengah
=========================

KHASIAT DAUN SIRIH
Daun sirih mempunyai kegunaan untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Antara lain :
Asma : Delapan lembar daun sirih dan 30 butir lada putih ditumbuk sampai halus betul, lalu campur dengan 1 sendok makan minyak kayu putih. Pakailah untuk melumas dada dan leher.
Batuk : Daun sirih 15 lembar direbus dengan air sebanyak 6 gelas. masukkan gula batu sebesar merica. Setelah agak dingin lalu disaring dan diminum.

Bisul : Ambil 3 lembar daun sirih, lalu giling sampai halus betul, kemudian taruh/tempelkan pada kulit yang kena bisul.
Selamat mencoba.
====================

KHASIAT JERUK PURUT
Sediakan sebuah jeruk purut (Citrus hystrix D.C.), belah dua, kemudian bubuhkan garam dapur di antara belahan ini dan tutup kembali, lantas dibakar sampai garamnya larut. Peras dan diminum airnya. Ulangi meminum ramuan ini sampai dua tiga kali. Dalam waktu singkat penyakit batuk Anda akan sembuh.

Kiriman : Ira Poernomo, Bali
===================

MINYAK KAYU PUTIH DAN KENCUR UNTUK BATUK REDAN
Sewaktu saya masih kecil, pernah mengalami batuk seratus hari, orang tua saya sudah membawa ke dokter untuk berobat, tapi hasilnya belum ada. Suatu hari, saya pergi ke luar kota, selam perjalanan batuk saya menjadi-jadi. Ketika itu teman seperjalanan (seorang nenek), mengambil kencur dari dalam setagennya, ia melumatkan kencur tersebut, dan dicampurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih, campuran ini diberi beberapa sendok teh air hangat dan diminumkan kepada saya.

Sewaktu malam tiba, batuk saya berkurang. Setiap pagi hari dan menjelang tidur, ibu saya mengulangi memberi ramuan tersebut, sampai akhirnya saya sembuh sebelum 3 bulan. Saat ini, pengobatan tersebut selalu saya lakukan kepada anak-anak, hasilnya belum pernah mengecewakan.

Kiriman : Ny. Poerbowati, Jl. Percetakan Negara X/A-19, Jakarta Pusat
=========================

SARANG WALET UNTUK PENDERITA BATUK
jika penyakit batuk anda tidak hilang juga meski sudh diobati, cobalah dengan resep ini. Ambil segenggam sarang burung walet/berupa serat, masukkan ke dalam gelas dan beri air serta sedikit gula batu. Kukuslah, ambil beberapa butir beras dan letakkan di pinggir gelas. apabila gelas tadi sudah berwarna putih atau setengah matang karena air rebusan sarang walet tadi, berarti airnya sudah matang. angkatlah gelas, tunggu dingin sebentar kemudian minum, cukup sehari sekali sebelum tidur malam

Kiriman : Lilie E - Jakarta Pusat
===========================

ASAM DAN ROKOK
Jika Anda seorang perokok berat dan sering terbatuk atau berdehem, cara terbaik untuk mengatasinya dengan meminum air asam yang sudah diembunkan.
Bahannya buah asam hitam berbiji diseduh air panas, beri gula dan sedikit merica halus serta garam secukupnya. Masukkan kedalam botol dan embunkan. Minum air ini sehabis makan dan lakukan selama 15 hari. Insya Allah batuk karena merokok akan segera sembuh.

Kiriman : Ny. Anna Wahyono, Jl. Slamet Riyadi 3, Gladag - Solo
===========================

Tidak ada komentar: