Jumat, 14 Maret 2008

Mencegah Ketombe, Uban dan Botak

MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN DAUN KANGKUNG
Caranya, sediakan daun kangkung, bersihkan dan rebus dengan air secukupnya. Setelah masak, angkat, saring, ambil airnya dan dinginkan. Basahilah rambut Anda (sampai terkena kulit kepala) dengan air kangkung ini sambil dipijit-pijit. Setelah itu diamkan selama dua uluh menit (ditutup dengan handuk), dan keramasi seperti biasa menggunakan samp yang cocok. Lakukan cara ini seminggu dua kali.

Kiriman : Nurlaila, Jl. Pendowo V/35 Lawang, Malang
=================================

MENGATASI KETOMBE DENGAN KEMBANG SEPATU
Ketombe kelihatannya sepele tetapi rupanya mengganggu juga. Selain kepala gatal juga rambut dan kulit kepala kelihatan kurang bagus. Bermacam-macam sampo telah dicoba, tetapi ketombe tak mau hilang juga. Jangan gusar dan bingung ada ramuan yang dapat menggantikan sampo untuk menghilangkan ketombe.

Satu genggam pucuk daun kembang sepatu dicampur dengan asam secukupnya, kemudian diremas-remas hingga hancur dan saring. Pergunakan air tersebut seperti kalau Anda mempergunakan bahan pencuci rambut (shampo). Pakailah berulang kali, niscaya ketombe akan hilang musnah dan rambut terbebas dari gangguan ketombe.

Kiriman : Nn. Anung M, Jakarta Selatan
=================================

MELEBATKAN RAMBUT DENGAN KACANG HIJAU
Sediakan kacang hijau setengah gelas, beri air satu gelas, kemudian didihkan (jangan sampai kacang hijaunya pecah). Setelah mendidih angkat dan pindahkan dalam gelas dan embunkan semalam. Esoknya air disaring dan dipakai untuk keramas. Caranya rambut langsung disiram pakai air kacang hijau ini, ratakan sampai kulit kepala basah seluruhnya. Diamkan beberapa waktu sampai kering dan direramas seperti biasa.

Kiriman : Henny Leucapiza P., SMEAN I, Jl. Tembaga No.11, Solo - Jawa Tengah
==================================

MENGATASI RAMBUT RONTOK AKIBAT SAKIT
Seorang kawan terpaksa diopname di rumah sakit sampai berbulan-bulan. Selama itu rambutnya rontok satu persatu, bahkan sampai habis sama sekali. Tatkala ia keluar dari rumah sakit terpaksalah ia menggunakan wig kemanapun pergi. Ia merasa malu tanpa wig, maklum…. botak!

Kemudian ada yang menyarankan yakni mengolesi kepala dengan mentega setiap hari dan secara teratur. Kawan tadi ingin sekali membuktikannya, iapun rajin melaksanakan saran tersebut. Eh… ternyata memang benar, rambutnya tumbuh dengan lebat, hitam, sedangkan dulunya rambut itu merah dan tipis sekali.

Siapa tahu Anda mengalami hal serupa dan cobalah cara demikian.

Kiriman : Ny. Loeloek Soekarsono, Jl.Tongkol No.10, Rawamangun IV, Jakarta Timur
===============================

MENCEGAH TIMBULNYA UBAN
Ada cara mudah dan murah untuk mencegah timbulnya uban. Yaitu ambillah 10 - 15 lembar daun sembukan, cuci bersih, kemudian jemurlah hingga kering,. Setelah daun tersebut kering, bakarlah dan ambil abunya. Abu ini kemudian direndam dengn air dingin selama 2 jam, kemudian saringlah air rendaman tadi. Kini air rendaman siap untuk dipakai keramas. Lakukan hal ini secara rutin, cukup seminggu satu kali. Nisaya uban tidak lekas tumbuh.

Kiriman : Esti N., Sukoharjo
==============================

OBAT KUMIS PAKAI SUSU KUCING
Bila Anda berhasrat memiliki kumis dan jenggot yang lebat, maka berikut ini adalah resepnya. Semangkok air panas yang hangat-hangat kuku, handuk yang bersih, kucing yang baru beranak dan tidak galak (alias kucing piaraan Anda). Celupkan handuk tadi kedalam air panas dan gosokkan pada bagian tempat kumis dan jenggot. Setelah bersih, lalu oleskan air susu kucing yang sudah disediakan kira-kira 4-5 tetes. Lakukan tiap malam sebelum tidur selama 1 minggu berturut-turut.

Kiriman : Bajank Muslihun Ys, Jl. Pembangunan III Gg. SD Inpres, Mataram, NTB
===============================

MANFAAT TEH WAYU
Teh wayu adalah teh yang disimpan selama satu malam. Teh ini ternyata banyak manfaatnya, antara lain :

Untuk mencegah rambuat agar jangan mudah rontok. Caranya, setiap kali bangun tidur, teh wayu tersebut kita pakai untuk keramas.
Untuk menghaluskan kulit wajah Anda agar tetap awet muda. Caranya : setiap bangun tidur pagi hari basuhlah wajah Anda dengan teh wayu. Selamat mencoba.

Kiriman : Yati, Semarang
=============================

MENGILANGKAN PITAK DI KEPALA
Mungkin ada di anrata teman-teman yang merasa rendah diri hanya karena cacat kecil di kepala, yaitu pitak.

Ada cara mudah untuk menghilangkannya, yaitu dengan telur udang. Cukup dioleskan pada pitak tersebut sampai beberapa kali. Hasilnya dapat kita rasakan rambut tumbuh subur seperti yang lainnya.

Kiriman : Koesmiyati,Jl Bintaro Permai III/17A Keb. Lama, Jak-Sel
==============================

MANFAAT TANAMAN PEPAYA
Carica papaya banyak sekali manfaatnya, mulai dari daun sampai akar.
Daun Pepaya yang masih muda ditumbuk halus, air perasannya diminum dapat menambah nafsu makan, dapat mengobati sakit panas (demam), dan beri-beri,

Buah Pepaya yang masih muda dibuat sayur, berguna untuk melancarkan air susu ibu.
Bunga Pepaya direbus atau dimakan mentah untuk lalap, berfungsi untuk mencuci darah, menyembuhkan penyakit kuning, dapat pula sebagai penambah nafsu makan.
Biji Pepaya dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Biji pepaya yang tua dijemur sampai kering, lalu disangrai, haluskan dan campur dengan air lalu diusapkan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit, biarkan beberapa lama, lalu keramas seperti biasa. Lakukan beberapa kali setiap akan keramas.

Akar Pepaya direndam air dingin semalam, lalu airnya diminum, dapat menyembuhkan penyakit ginjal dan kantung kencing. Akar pepaya direbus, lalu airnya diminum, dapat mencegah dan menghilangkan penyakit cacing kremi.

Tidak ada komentar: