Jumat, 14 Maret 2008

Penyakit Amandel

Penderita amandel cenderung malas dan sering kali mengantuk, hal ini tentu saja akan mengganggu diri kita sendiri. Ada obat yang dapat membantu mengobati amandel yaitu : perasan jeruk nipis, perasan kunyit, dan madu murni yang kental. Bahan tadi dicampur dan minum sedikit demi sedikit. Usahakan agar penderita mandi dengan air hangat dan biasakanlah ambil nafas panjang yang dalam dipagi hari. Insya Allah Anda tak terganggu dengan amandel.

Kiriman Ny Yantiningsih, Salatiga
===========================
Amandel yang membengkak membuat penderita demam dan suhu tubuh meninggi. Tapi penyakit ini mudah dilenyapkan tanpa operasi. Caranya, ambillah segenggam benalu yang tumbuh di pohon jeruk nipis. Campurkan dengan sedikit adas pulo waras. Tumbuk keduanya sampai halus lalu beri sedikit air. saring dan ambil airnya. Minumlah 10 kali. Niscaya amandel menjadi kempis dan sakitnya lenyap

Kiriman : Miswati - Blitar
===========================


Pengalaman saya, ketika menderita amandel, ibu mengobati dengan kulit buah manggis, sehingga tidak jadi dioperasi.
Kumpulkan kulit buah manggis yg telah masak, cuci bersih dan masukkan dalam air mendidih. Untuk satu buah kulit manggis, direbus dengan 1 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring. Air rebusan ini kita pergunakan untuk berkumur (tunggu sampai dingin). Usahakan terkena bagian amandel, tapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi.

Kiriman : Sofyan Huri - Jawa Timur
============================

Pengalaman ini saya alami sendiri yakni penyakit amandel. Hampir setiap bulan penyakit itu kambuh. Apabila saya lupa memakan larangannya, terutama minum es dan makan yang pedas-pedas, maka secara otomatis penyakit saya kambuh. Saat itu leher terasa mengencang dan untuk bicara atau makan terasa sakit.
Suatu hari nenek menganjurkan saya membuat ramuan obat sebagai berikut : ambil jahe sepotong sebesar ibu jaridan satu biji bawang merah. Kedua bahan diparut dan dijadikan satu, kemudian ditempelkan pada leher yang sakit (sebagai bedak). Kalau masih sakit ulangi lagi. Pengalaman ini pernah saya praktekkan pada kawan, dan hasilnya memuaskan. Penyakit amandel tak kambuh lagi.

Kiriman : Kurnia Ningsih, Jl. Blimbing Lont. I/22, Tegal

Tidak ada komentar: